MINE

Tidur dalam Al-Qur’an

In Artikel on 17 Desember 2009 at 17:30

Islam sebagai agama yang mengusung misi rahmatan lil ‘alamien, benar- benar menaruh perhatian yang begitu besar terhadap segala aspek kehidupan umat manusia, entah itu disaat manusia berada dalam kesusahan ataupun sebaliknya, sadar ataupun tidak sadar, bangun ataupun tidur, dengan kata lain, tidak ada satupun yang terlewatkan, semuanya telah dijelaskan dalam Islam.

Salah satu hal yang tidak luput dari penjelasan itu adalah tentang tidur, Allah swt telah berfirman dalam al-qur’an yang artinya: “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu diwaktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar-Ruum: 23). Dalam ayat lain juga Allah swt menjelaskan akan hal ini: “Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.” (QS.An-Naba: 9).

Mengingat pentingnya tidur/istirahat dalam islam, salah satu mufassir yang sangat terkenal, Imam Ibnu Katsir juga pernah berkata:”Yaitu termasuk tanda-tanda kekuasaan-Nya Alloh menjadikan sifat tidur bagi kalian diwaktu malam dan siang, dengan tidur, ketenangan dan rasa lapang dapat tercapai dan rasa lelah serta kepenatan dapat hilang.”. Sistem kerja tubuh manusia dapat diibaratkan sebagai sebuah mesin, sebuah mesin membutuhkan istirahat untuk dapat bekerja lagi dengan lebih optimal, begitu juga tubuh manusia membutuhkan istirahat, dan istirahat yang paling baik itu adalah tidur, karena selain makan dan minum yang merupakan kebutuhan pokok manusia, tidur juga merupakan titik awal munculnya energi baru bagi tubuh manusia.

Tinggalkan komentar