MINE

Tidur dalam Al-Qur’an

Islam sebagai agama yang mengusung misi rahmatan lil ‘alamien, benar- benar menaruh perhatian yang begitu besar terhadap segala aspek kehidupan umat manusia, entah itu disaat manusia berada dalam kesusahan ataupun sebaliknya, sadar ataupun tidak sadar, bangun ataupun tidur, dengan kata lain, tidak ada satupun yang terlewatkan, semuanya telah dijelaskan dalam Islam.

Salah satu hal yang tidak luput dari penjelasan itu adalah tentang tidur, Allah swt telah berfirman dalam al-qur’an yang artinya: “Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu diwaktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.” (QS. Ar-Ruum: 23). Dalam ayat lain juga Allah swt menjelaskan akan hal ini: “Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.” (QS.An-Naba: 9).

Mengingat pentingnya tidur/istirahat dalam islam, salah satu mufassir yang sangat terkenal, Imam Ibnu Katsir juga pernah berkata:”Yaitu termasuk tanda-tanda kekuasaan-Nya Alloh menjadikan sifat tidur bagi kalian diwaktu malam dan siang, dengan tidur, ketenangan dan rasa lapang dapat tercapai dan rasa lelah serta kepenatan dapat hilang.”. Sistem kerja tubuh manusia dapat diibaratkan sebagai sebuah mesin, sebuah mesin membutuhkan istirahat untuk dapat bekerja lagi dengan lebih optimal, begitu juga tubuh manusia membutuhkan istirahat, dan istirahat yang paling baik itu adalah tidur, karena selain makan dan minum yang merupakan kebutuhan pokok manusia, tidur juga merupakan titik awal munculnya energi baru bagi tubuh manusia.

  1. mulai dari hari ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: